Thursday 14 February 2008

C.a.S.E.C

CASEC : Computerized Assessment System for English Communication

Hari ini banyak kelonggaran yang saya rasakan setelah sekian lama terikat oleh beberapa kondisi. Kebetulan saja selesai kuliah Bahasa Jerman, tiba-tiba Otsuka sensei memberitahukan kalau hari ini ada test untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris. Hanya perlu 40 menit katanya. Kok cepet banget? Penasaran. Meski mendadak, saya putuskan untuk ikut ujian.

Tes ini dibagai menjadi 4 bagian. Setiap bagian maksimal bernilai 250. Nilai sempurna 1000. Nilai yang diperoleh bisa dijadikan acuan TOEIC atau TOEFL. Cukup menggiurkan, apalagi kalau tes biasa dikenakan biaya 3500 yen (sekitar 250.000 rupiah), khusus mahasiswa tingkat akhir boleh ikut secara gratis.


Jumlah total pertanyaan cuma 55 soal. Pilihan ganda dan isian. Soalnya sedikit sehingga waktu yang diperlukan pun tak terlalu banyak. Pertanyaan yang muncul berikutnya adalah menyesuaikan dengan jawaban kita pada pertanyaan sebelumnya. Jadi sangat mungkin setiap orang akan mengerjakan pertanyaan yang berbeda. Katanya inilah yang membuat tes ini akurat. Lebih komplitnya silakan telusuri tautan di atas.

Hasil tes saya hari ini kurang menggembirakan. Mungkin karena selama setahun terakhir ini hampir tak pernah bersentuhan dengan bahasa Inggris. Nilai yang saya peroleh setelah di-convert ke TOEIC lebih buruk dari hasil yang saya dapatkan tahun 2005 lalu. Hah?! Shock. Saya masuk golongan orang yang celaka dalam kemampuan bahasa Inggris. Besok saya ingin ikut lagi ah. Hmm, hasilnya mungkin tidak akan jauh berbeda.

No comments: