Wednesday 27 February 2008

H-1 Presentasi

Besok! Ya, besok menjadi puncak yang menjadi pembebas segala beban akademis selama 3 tahun terakhir. Hari ini diadakan gladi bersih presentasi. Sesuai dugaan, saya sama sekali belum bisa membawakan materi dengan baik. Wajarlah, khan orang asing. Tapi saya tidak mau menjadikan itu sebagai alasan. Setidaknya besok menjadi kesempatan untuk menunjukkan bahwa mahasiswa asing pun mampu menggunakan bahasa Jepang dengan baik dan benar.


Hari ini saya berlatih dengan cukup serius. Saya rekam cara bicara saya, saya ukur waktunya, saya cermati bagian mana yang tidak terlafalkan dengan baik. Setelah itu saya evaluasi secara keseluruhan, perbaiki bagian yang belum layak. Satu yang terpenting adalah menyiapkan mental. Ya, besok harus bisa bangun lebih awal untuk sholat malam dan menamatkan beberapa lembar Al Quran. Saya pikir tak ada dukungan mental yang lebih baik dari segarnya rohani dan ketenangan hati. Persiapan fisik dan mental. Dengan alasan itu, saya mulai membaringkan diri pukul 10 malam ini.

No comments: