Saturday 1 March 2008

Plesir




Hari ini pembagian keuntungan festival kota tahun lalu. Kalau dirupiahkan sekitar 2 juta, lumayan, khan? Karena laba ini diperoleh atas kerjasama rekans mahasiswa asing di sini, kami sepakat menggunakan uang itu untuk makan bersama. Setidaknya ada kenangan daripada diterimakan secara tunai.

Kegiatan saya sendiri cukup padat hari ini. Bukan dink. Lalu lintas ponsel saya cukup padat hari ini

07:00

S : Assalamu'alaykummmm.... semoga presentasi hari ini lancar yak!
M : Owh! Arigato. Ntar gw telpon klo udah selesai.



o9:00
A : Halo, Sunu-kun? Ah, masalah yang kemaren. Siang ini bisa datang ke rumah? Kebetulan Masamichi bisa mengantarkan dengan mobil untuk mengukur baju.
S : Waah... maaf sekali siang ini saya sudah aja janji. Kalau minggu depan, sepertinya saya ada waktu luang.
A : Oh yah? Kalau begitu, begini saja, bla.. bla blaa....
......
......
S : Terima kasih banyak, dan mohon maaf sudah banyak merepotkan.


09:20

D : Haloooo. Posisi dimana sekarang?
S : Masih di asrama neeh. Jadi jam 10?
D : Enggak, diundur jadi 10:30.
S : Sip. Aku tunggu sambil siap-siap.
D : Oke. Nanti ketemu di depan gerbang.

Tiba-tiba saja saat membuka inbox, ada email yang ingin saya komentari. Tanpa sadar jemari saya sudah menari di atas keyboard.

10 :20

Ss : Haloo, mas Sunu. 5 menit lagi sampai neeh.
S : Hah? Cepet banget! Maaf2, saya keasyikan nulis email, gak sadar udah hampir setengah 11.
Ss : Oke lah cepetan siap2 yah.

10:24
D : Cepetan!! Udah hampir setengah 11 neeh.
S : Iyaaaaaaaa, aku segera lari ke gerbang!!

Ah, saya lupa kalau belum ganti baju. Tapi sudah tak ada waktu, pakai sweater seadanya, celana panjang yang pantas, menyambar jas yang masih tergantung, lalu segera berlari menuju gerbang.

11:48

H : Halo, mas Sunu?
S : sst... lagi di rumah sakit neeh. Kirim SMS saja yak?

12:05

E : Oi, lagi dimana?
S : Sstt... lagi jenguk orang di rumah sakit, ntar gw telpon balik.

12:24
S : Yo! Tadi kenapa?
E : Pengen diskusi neeh, sebenarnya gini loh.....
....
....
....

Lokasi sudah berganti dalam mobil menuju restoran. Tiba-tiba ponsel saya kembali berdering.

12:50
S : Sori, tadi gak gw terima, masih ada telpon lain yang masuk.
M : Owh. Emang lu dimana?
S : tadi di rumah sakit. Jenguk orang.
M : Siapa yang sakit.
S : Anak orang Indonesia.
M : Siapa?
S : (gw sebut juga lu kagak kenal) Hmm... yah itu tadi, anak orang Indonesia yang ada di sini. Btw, presentasi lu gimana euy? Sekarang lagi istirahat siang?
M : Gini ceritanya....
....
....
S : Eh, udah dulu yak, mau makan siang neeh. Udah sampai di restoran.
M : Iya deh.



13 : 00 - 14:00

W : Eh, kalau di Indonesia boleh gak sih ambil S1 lagi?
S : Kenapa gak lanjut S2 langsung aja? Bukannya bisa ambil jurusan yang beda sama sewaktu S1?
D : Wah, setahuku gak boleh lah. Sungkan dong sama umur. Kalau PTN loh yah, kalo PTS sih mungkin bisa.
W : Ada satu temanku yang dulu ambil sastra Perancis lalu sekarang pindah ambil finance.
D : Wahh... aku juga pengen ambil doktor lagi neeh. Bidang yang sekarang kurang aku suka. Udah search macam-macam, aku pengennya ke Swiss. Keren tuh penelitian perbankannya. Tau gak sih, kalau uang yang beredar di sektor riil tuh hanya 20%, sisanya tuh ada di pasar modal.

Tiba-tiba saja pembicaraan mengarah ke masalah keuangan global. Termasuk artikel tentang mata kuliah baru di Waseda yang saya terjemahkan beberapa hari lalu.

S : Aku sendiri sebenarnya pengen ambil jurnalisme buat S2 nanti. Sekarang udah terlanjur berkecimpung di dunia teknik. Kenapa yah, baru sekarang kita sadar bidang apa yang cocok dan kita inginkan?
W : Bener bener! Dulu waktu lulus SMA ngikut arus saja... setelah dijalani baru kerasa benturan2 yang ada.
D : Iya, kalian masih untung ambil teknik. Aku? Matematika, dan di jepang ilmu ini sudah mentok, hampir gak ada hal baru yang bisa dikembangkan. Kalau saja tahu, sejak awal aku bisa ambil jurusan lain.

Sekarang kita punya cita-cita baru yang dirasa lebih sesuai dengan diri, tapi kenapa dulu kita memilih jalan yang sama sekali lain? Sekarang terlalu jauh untuk kembali ke titik itu. Kita hanya bisa mengharapkan percabangan jalan pintas yang mendekati arah impian. Yah, jalan kita masih panjang meski tahu jalan ini kurang menyenangkan.

14:20 Kembali ke asrama.

T : Eh, jam 3 jadi berangkat khan?
S : Jadi lah, tapi tunggu beberapa menit yah, mau sembahyang dulu.
T : understood.

drrttt drrttt...

Md : Sunu-san, jadi khan?
S : T baruuuuuuuu aja nelpon dengan pertanyaan yang sama. Jadi, tapi tunggu sekitar 10 menit lagi yah?
Md : OK.


Haduh, masih ada beberapa telpon yang masuk hingga menjelang maghrib, tapi saya sudah capek menuliskannya. Ceritanya, selepas ashar itu, saya pergi karaoke, ambil foto kenangan yang saya pasang di atas, balik ke asrama untuk sholat Maghrib, lalu berangkat makan malam bersama sampai jam 9 malam. Hmmhhmm... hari yang cukup sibuk dengan banyak keperluan, dengan orang yang berbeda-beda. Besok saya pergi untuk wisata kelulusan bersama mahasiswa asing lain, ditambah anggota klub pertukaran budaya, beberapa dosen, dan anak yang ingin ikut dengan biaya sendiri. Semoga angin tak terlalu kencang berhembus : Kereta terancam tak beroperasi.


No comments: