Friday 21 March 2008

Rounin-Pengembara

Setelah keluar dari asrama hari Sabtu yang lalu, otomatis saya putus hubungan dengan internet. Sejak hari itu pula, saya numpang hidup secara berpindah-pindah: Rumah host family, kawan Jepang, kediaman sensei, apartemen senior, dan tentu saja bilik kawan seangkatan yang akan, sedang, dan sudah pindahan. Dikarenakan ada beberapa urusan, saya pergi ke Tokyo lepas subuh hari Kamis kemaren. Cuaca buruk dan badan yang menuntut istirahat akhirnya membuat saya menginap di Tokyo meski pada awalnya saya berencana untuk langsung pulang. Selain itu, memang ada urusan lain yang harus dibicarakan bersama dengan kawan-kawan.


Hari ini saya kembali ke Ibaraki, menginap di rumah salah seorang kawan jepang, dan besok berencana bersepeda keliling Kasumigaura, danau terbesar kedua di Jepang. Diperkirakan cuaca akhir pekan ini cerah, angin tidak kencang, dan suhu udara mencapai 17 derajat Celcius. Cukup hangat untuk ukuran bulan Maret. Semoga besok menjadi hari yang menyenangkan. Kali ini kami juga mengunjungi Oeda-san, mengambil beberapa perlengkapan bersepeda dan mendengarkan cerita tentang karakuri. Karakuri? Semacam puzzle, teka-teki, otak-atik barang, olahraga otak. Jepang banyak menghasilkan permaianan semacam ini.

Foto diatas adalah peti tanpa kunci, cara membukanya dengan menggeser setiap sisi sedikit demi sedikit. Oeda-san menunjukkan ada 18 langkah untuk membuat peti ini terbuka. Contoh lain yang bisa disaksikan adalah anime!!

Naruto : Ninja Padang Pasir, Kankuro



Karakuri kimi



Karakuri juga pernah menjadi tema dalam salah satu kisah komik, detektif Kindaichi. saya pun tertarik dan tertantang dengan karakuri. Karkuri juga muncul dalam Seirei no mamori bito, anime yang saya tonton sebulan yang lalu. hihi
Konon ide ini berasal dari kepala kapal yang membuat penyimpanan barang berharga tanpa kunci namun susah dicuri karena cara membuka tempat penyimpanannya adalah khusus. Kebiasaan seperti ini akhirnya terus berkembang hingga sekarang.



Ah iya, malam ini kami sedang membuat perencanaan file promosi klub pertukaran budaya, seleksi foto, alur cerita dan membayangkan siapa yang akan melakukan presentasi. Sekalian ada internet, sekalian update blog deh, sambil nunggu giliran masuk ofuro. Sekali-kali mandi tidak dengan shower lah. Hihi...

No comments: