Tuesday 20 January 2009

アパート探し

Jatah tinggal di asrama murah berakhir bulan Maret. Karena tidak yakin akan bisa mendapat tempat tinggal baru yang nyaman, murah, strategis, dan dekat dari kampus dengan mendadak, maka perburuan dimulai bulan ini. Alhamdulillah langsung menemukan satu yang cocok. Sebelumnya, saya berkonsultasi dahulu dengan rekans yang sudah berburu apartemen setahun lalu berkenaan tips, dan aturan-aturan umum dengan agen. Hasilnya sebagai berikut :

1. Uang terima kasih buat agen = harga sewa rumah selama satu bulan. Ingat, masih ditambah pajak 5% yang ditanggung oleh kita. Perlu guarantor/Penjamin. Universitas bersedia sebagai penjamin kok.

2. Owh, ternyata saya mendapat mansion! Dengan harga terjangkau tentu saja. Satu bulannya 63000 ribu yen, dibagi berdua. Saya berencana tinggal bersama seorang kawan dari Indonesia. Dihitung-hitung, apartemen sekitar kampus harganya berkisar 40ribu yen/bulan dengan standar biasa. Mending share mansion, menikmati kemewahan yang murah.

3. Mansion terletak antara 2 stasiun subway, jalan kaki dari exit di permukaan bumi memakan waktu sekitar 5 menit. 1 Menit dari taman umum. 7 menit dari kampus.

4. Mansion punya 2 ruang tidur dengan pintu masing-masing. Kebanyakan apato/mansion dg harga miring kamarnya berjajar memanjang ke dalam, sehingga untuk keluar masuk, harus lewat kamar yang lain. Itu mengganggu privasi.

5. Ada dapur sekaligus ruang kumpul yang cukup luas. Kamar mandi dan WC terpisah, cahaya matahari bagus. Kamar ada di lantai 11, tidak terhalang gedung lain. Ada lift, sehingga kalau malas naik turun tangga (11 lantai BO!) bisa memanfaatkan fasilitas yang ada.

6. Ada deposit sebanyak 3 kali sewa bulanan. Akan dikembalikan saat keluar setelah dikurangi biaya bersih-bersih.pengganti kerusakan. Kalau kita makai kamarnya dengan baik, katanya sih sebagian besar duitnya balik. ^0~.

7. Pemilik Mansion berbaik hati memberikan AC dan lampu. Agen berbaik hati memberikan tempat tidur, meja, kursi, penghisap debu, rak, mesin cuci., alat masak. Berarti masih harus berburu kulkas dan kompor. Hum... karpet, gorden.Ah iyaaa... saya tidak punya kasur!

8. Karena sudah tanda tangan kontrak sejak Januari, seharusnya kami harus mulai bayar sewa sejak februari.Tapi karena kami baru mau pindahan bulan Maret, saya minta tolong agen untuk menjelaskan kondisi ini. Alhamdulillah pemilik Mansion bersedia menggratiskan sewa bulan Februari. Free Rent untuk sebulan! Dalam jangka waktu itu akan dipasang AC dan saluran internet, sehingga saat pindahan ntar, sudah siap semuanya. Sounds perfect!

9. Selain mansion ini, agen tentu saja menawarkan alternatif lain. Tapi banyak kekurangannya. Misalnya, luas kamarnya berbeda, jauh dari kampus, tangganya di luar -klo hujan, basah!-, cahaya matahari kurang bagus, jauh dari stasiun, terlalu mahal, de el el. Untung saja saya berhasil ngotot dg pilihan pertama.


Oh ya. Pastikan bahwa mansion/apartemen nya tahan gempa. Klo tidak salah ingat, sejak tahun 1987 ada jaminan bahwa gedung lebih dari 5 lantai wajib menyediakan lift dan konstruksi tahan gempa. Survey ke calon tempat tinggal semuanya diantar oleh agen dengan mobil, jadi gak perlu buru-buru memutuskan juga kok.

No comments: