Friday, 15 May 2009

定額給付金:Sogokan Belanja!

Ada amplop di mailbox apartemen saya tadi pagi. Ah.. inikah rupanya surat untuk mengurus peneriman uang yang dibagikan gratis ke semua orang itu!! Akhirnya dapat juga setelah desas-desusnya terdengar sejak beberapa bulan lalu.

Intinya, saya bakal mendapat uang sogokan untuk membelanjakan duit di Jepang. Terlepas apakah pembagian uang sebesar 12 ribu yen ke seluruh penduduk (termasuk orang asing) usia produktif akan bisa mengaktifkan geliat ekonomi Jepang atau tidak, saya bersyukur ada tambahan pemasukan. ^_^. Sayangnya kemana uang ini dibelanjakan sudah jelas : biaya perjalanan presentasi saya seminggu lagi!! Tapi masalahnya, saya tidak yakin apakah uang ini akan bisa cair dalam seminggu ke depan. Hikz.


Masih terkait dengan upaya memutar uang, pemerintah juga menetapkan kebijakan tarf jalan toll 1000 yen kemana saja anda pergi asalkan tidak lewat area kota besar pada akhir pekan. Lumayan membantu bagi yang ingin pergi-pergi pakai mobil di hari libur.

Ternyata... jatah beasiswa saya justru naik sekian ribu yen dari periode tahun lalu. Padahal katanya Jepang sedang resesi. Konon ini adalah kebijakan "bagi uang sesuai biaya hidup". Jadi, penerima beasiswa monbusho yang kuliah di kota besar akan menerima nominal yang lebih besar dari mereka yang kuliah di pelosok.

Kembali lagi soal pembagian uang tunai untuk merangsang geliat ekonomi, hanya warga negara asing yang punya KTP Jepang dan sudah berada di Jepang sebelum bulan februari 2009 saja yang dapat jatah.

2 comments:

sachroel said...

alhamdulillah wuehehehe dapat uang cuma2 1 juta rupiah hihihi

sunuhadi said...

yup! Yang di Tokyo dah dapet, Rul? Mahasiswa di Naghoya pada mo ngadain tutorial pengisian formulis. Ada2 saja. Pada pengen kumpulnya kali yak...