Friday 17 July 2009

Research Proposal

Pada kebanyakan kasus, untuk melanjutkan S2  baik ujian masuk maupun apply beasiswa  kita perlu menulis research proposal selain personal statement (PS) dan curriculum vitae (CV). Setelah merencanakan untuk kuliah S2 dalam bahasa Inggris, saya menyiapkan CV, PS. dan essay dalam bahasa Inggris. Bidang yang ingin saya dalami kebetulan itu-itu saja, sehingga untuk daftar beasiswa lain atau univ lain tinggal mengubah sedikit-sedikit. Ternyata membuat dokumen seperti ini sewaktu ide-ide bermunculan dan ada waktu luang sangat membantu saat diperlukan. 

Tapi saya hampir lupa bahwa untuk daftar beasiswa di/dari Jepang mutlak diperlukan bahasa Jepang. Kemudan baru saya sadari untuk menerjemahkan tulisan-tulisan saya yang sudah tersusun rapi dalam bahasa Inggris ke dalam bahasa Jepang bukanlah mudah. Kedua bahasa ini punya rasa yang berbeda, termasuk dalam penyampaian gagasan dan ekspresi yang digunakan. Selain  konsentrasi saya yang kadang susah diajak kompromi dalam keramaian, ide-ide untuk mencemerlangkan kalimat dalam bahasa Jepang tak kunjung bertandang. Ujung-ujungnya memanfaatkan situs translator online yang katanya punya akurasi 80%. 

Perencanaan yang setengah matang. +_+

 
Well, sebenarnya belum terlambat karena dedline aplikasi beasiswa ini adalah akhir Januari. Tapi saya ingin menyelesaikannya sebelum Idul Fitri. Semester depan saya akan lomba lari dengan dedline skripsi~~


Waktu iseng daftar kerja dan diharuskan kirim CV, hanya CV dalam bahasa Inggris yang terstruktur rapi, CV dalam bahasa Jepang tersusun apa adanya saja. Huh, bikin malu sajaaaa~~ Itu khan perusahaan Jepang. ちゃんと日本語で書きなさいよ!

No comments: