Monday 11 January 2010

Dulu, Sekarang

Ada yang mengatakan bahwa ciri orang yang sudah tidak muda adalah bernostalgia. Seorang yang masih muda harusnya menggunakan waktunya untuk membangun visi ke depan. Wah, berarti saya sudah tidak muda lagi. Tapi sepertinya belum banyak hal berarti yang sudah saya lakukan selama ini? Menyedihkan. Tapi saya jadikan saja celotehan hati di masa lalu sebagai pembanding kondisi sekarang dan rencana ke masa datang.

1. Dulu saya cemburu dengan kawan yang begitu sempurna. Lahir di keluarga kaya, tampang OK, olahraga gape, otak topcer, dapet calon jodoh yang tidak bisa dikatakan jelek-> pastinya anak 'pejabat' yang bakal mendongkrak karirnya.
Sekarang saya 'ngeri' dengan kehidupannya. Kehidupannya terlalu gemerlap bagi saya. saya akan tertekan dengan pergaulan yang memandang seseorang dari apa yang dia kenakan, siapa ortu, apa mobilnya. Rasa cemburu saya hilang. Alhamdulillah saya terlahir biasa saja dan bergaul dengan orang-orang biasa dengan rasa kekeluargaan sejati yang luar biasa.

2. Dulu saya cemburu dengan kawan yang cerdas dan beruntung. Tidak berlu capek belajar bisa jadi top student. Kepercayaan profesor datang dan berbagai harapan jatuh ke tangan. Sekarang saya bersyukur dengan kemampuan saya yang biasa saja. Seorang junior bahkan bertanya bagaimana saya mempersiapkan ujian. Waktu saya tanya kenapa tidak cari tahu ke si A saja? Dia mengatakan kalau si A terlalu jauh levelnya, maka dia mencari acuan orang biasa yang tipsnya bisa dijalankan oleh leboh banyak orang. Uhm, alhamdulillah ternyata kemampuan saya yang biasa saja bisa bermanfaat. Kasus lain, kawan saya yang top student ternyata harus mengerjakan proyek ini itu karena kepercayaan atasan. Pulang lebih pagi malam dari saya plus rentang injury time yang lebih sering. Alhamdulillah kemampuan biasa saya tidak mendatangkan banyak tuntutan di luar jangkauan saya.

Ternyata, saya harus banyak bersyukur. Harus lebih cerdas dalam bersyukur. Keterbatasan menurut saya bisa saja menjadi kelebihan menurut orang lain. Hidup saya sekarang tidaklah ringan. Banyak tantangan yang harus dibereskan. Tidak sesengsara rumosha, tapi kuliah di Jepang itu bagi saya asli rekoso tenan. Ada kalanya harus jadi robot yang dikendalikan atasan di Lab. Maka saya mengutip kata-kata Sayidina Ali : Bahagialah orang yang dapat menjadi tuan untuk dirinya sendiri, menjadi kusir untuk nafsunya dan menjadi nahkoda untuk bahtera hidupnya. Ya, saya sedang mencoba merebut kembali kendali atas diri. Membonekakan diri itu capek di fisik dan hati --> bikin penyebab sakit saja!

Seorang kawan mengirimkan email berisikan handbook 2010, isinya kurang lebih hal-hal yang dilakukan agar hidup kita terasa indah, sebagai berikut :

HANDBOOK 2010

Health:
1. Drink plenty of water.
2. Eat breakfast like a king, lunch like a prince and dinner like a beggar.
3. Eat more foods that grow on trees and plants and eat less food that is manufactured in plants...
4. Live with the 3 E's -- Energy, Enthusiasm and Empathy
5. Make time to pray.
6. Play more games
7. Read more books than you did in 2009 .
8. Sit in silence for at least 10 minutes each day
9. Sleep for 7 hours.
10. Take a 10-30 minutes walk daily. And while you walk, smile.

Personality:
11. Don't compare your life to others. You have no idea what their journey is all about.
12. Don't have negative thoughts or things you cannot control. Instead invest your energy in the positive present moment..
13. Don't over do. Keep your limits..
14. Don't take yourself so seriously. No one else does.
15. Don't waste your precious energy on gossip.
16. Dream more while you are awake
17. Envy is a waste of time. You already have all you need..
18. Forget issues of the past. Don't remind your partner with His/her mistakes of the past. That will ruin your present happiness.
19. Life is too short to waste time hating anyone. Don't hate others.
20. Make peace with your past so it won't spoil the present.
21. No one is in charge of your happiness except you.
22. Realize that life is a school and you are here to learn. Problems are simply part of the curriculum that appear and fade away like algebra class but the lessons you learn will last a lifetime.
23. Smile and laugh more.
24. You don't have to win every argument. Agree to disagree...

Society:
25. Call your family often.
26. Each day give something good to others.
27. Forgive everyone for everything.
28. Spend time w/ people over the age of 70 & under the age of 6.
29. Try to make at least three people smile each day.
30. What other people think of you is none of your business..
31. Your job won't take care of you when you are sick. Your friends will. Stay in touch.

Life:
32. Do the right thing!
33. Get rid of anything that isn't useful, beautiful or joyful.
34. GOD heals everything.
35. However good or bad a situation is, it will change..
36. No matter how you feel, get up, dress up and show up.
37. The best is yet to come..
38. When you awake alive in the morning, thank GOD for it.
39. Your Inner most is always happy. So, be happy.

No comments: