Thursday, 26 August 2010

Once Upon a time in saxony-anhalt


Orang-orang dalam foto ini berbicara dalam bahasa Jerman, Spanyol, Inggris, Jepang, Indonesia, Turki, Perancis, Itali, Rusia dan Ukraina. Beberapa orang tidak bisa berbahasa Jerman. Dua orang tidak bisa berbahasa Inggris. Dua orang bisa bahasa Jepang. Untung saja kemampuan multibahasa membantu kami dalam berkomunikasi. Bila kami bersama dalam satu tahun saja, mungkin setaip kami akan menambah kemampuan sedikitnya dua bahasa asing lain. :-D

Ich spreche kein noch Deutsh +_+

Well, rencana petualangan makin menggelembung dan saya menemukan bahwa ada tiket kereta murah trans-eropa yang berlaku 24 jam sehari selama 15 hari adalah yang paling cocok saya pergunakan. Tiket ini bisa dipesan dari seluruh dunia lewat www.eurail.com . karena masih bulan puasa saya merencanakan untuk melakukan kunjungan rutin ke Masjid Ar Rahman di Leipzig yang hanya memakan waktu satu jam dari asrama saya. Alhamdulillah lokasinya tidak jauh dari Central Station, sehingga masih memungkinkan untuk memakai kereta setelah waktu isya' (jam 10 malam baru masuk isya', maghrib antara jam 8:00-8:30 malam).

Satu catatan penting : Berhubung saya berada di bekas jerman Timur, harus hati-hati terhadap rakyat rasis yang bakal menghujat karena saya orang asing. Harus lebih hati-hati lagi terhadap skinhead +_+


No comments: