Thursday 31 March 2011

Cholesterol!!

Hasil analisa biokimia darah saya sewaktu donor darah seminggu lalu menunujkkan konsentrasi kolesterol di atas normal. Heh? Ada apa dengan pola hidup/makan saya 3 bulan terakhir ini?


Dari data analisa bikimia darah saya selama 3 tahun terakhir di Jepang, data bulan maret 2011 benar-benar terjadi peningkatan konsentrasi kolesterol sebanyak 30%!!

Well, karena saya berusaha menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi dan olahraga rutin seminggu dua kali maka hasil analisa ini membuat saya berkipir tentang kemungkinan lain. Genetik?
Bisa jadi, karena kolesterol juga diproduksi oleh hati. Sekali lagi saya diingatkan mengenai pentingnya medical check up. Betul. Ada faktor X dimana penyakit bisa muncul sebagaimanapun berhati-hatinya kita. Alhamdulillah untuk cek darah bisa saya lakukan secara gratis sambil donor darah sehingga setidaknya dalam rentang 3 bulan saya bisa memantau kondisi kesehatan pribadi. :-)

Setelah evaluasi, hal yang perlu dihindari :

1. Seafood selain ikan [udang,cumi,gurita, kerang, telur ikan, well 2 minggu lalu (tepat seminggu sebelum donor darah)seorang kawan Jepang saya membawakan setengah kilo telur ikan dari Hakata, bisa jadi gara-gara ini neeh :-(( ]

2. Makan berat sebelum tidur. Memasuki 2011, sering pulang di atas jam 12 malam dalam kondisi lapar xD xD

3. Makanan manis. Err... pemicu juga nih. Saya kerja paruh waktu di kedai donat soalnya. Yosh! Jangan berlebihan makan donat gratisannya!!


Hal yang perlu digencarkan kembali :

1. Jogging & running
2. Renang (udah mulai panas....)
3. Puasa sunnah

No comments: