Tuesday 30 December 2008

Kantor Pos Sebelah

Ceritanya, selama libur akhir tahun 2008 ini saya kerja sambilan di Kantor Pos setelah membatalkan rencana mudik. Kenapa Kantor Pos? Karena letaknya tepat di sebelah asrama saya. Dekat, sehingga tidak perlu pakai baju berlapis-lapis untuk menembus musim dingin. Alasan lain: Tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan.


Setelah satu pekan, nampaknya saya mulai menyukai pekerjaan ini : Memilah kartu ucapan tahun baru. Waktu kerja 3 jam, dengan istirahat 15 menit. Rentang yang tepat sebelum rasa bosan hinggap, konsentrasi terbang, atau mata lelah. Waktu kerja yang efektif bagi saya. Keuntungan lain adalah bisa mengenal karakter orang-orang. Secara saya belum pernah bekerja dalam tim (yang digaji).

Fasilitas :
1. Gaji 740 yen/jam
2. Minuman Vending Machine dengan harga miring.
3. Alat Kerja.

Tak perlu seragam, kecuali bila kebagian sebagai pengantar surat. Kemampuan bahasa Jepang selama jam kerja nyaris tidak diperlukan. Bagian kerja saya adalah memilah benda pos berdasarkan jenis (kartu, surat, surat tercatat, dll) dan alamat tujuan (hanya dengan melihat kode pos doang). Hanya saja, untuk memahami perintah dari atasan dan apa-apa yang dilakukan selain tugas rutin, bahasa Jepang mutlak diperlukan.

Setelah lolos mendaftar dan melewati wawancara, akan dikirimkan panduan kerja. Hari pertama dilakukan orientasi kerja, aturan-aturan yang berkaitan dengan kerahasiaan informasi, tatacara masuk tempat kerja, bagaimana memakai mesin pemilah kartu pos yang efisisensinya 87% dll.

Salah satu info penting :
Mengirimkan surat biasa dalam amplop pada sekitar pergantian tahun, akan jauh lebih cepat dibandingan mengirimkan balasan kartu ucapan tahun baru. Kenapa? Masalah jumlah. Kartu pos tahun baru akan meningkat secara tajam sekali, meninggalkan surat biasa sehingga waktu pemilahan dan lain-lain pun memerlukan waktu lebih lama.

No comments: