Tuesday 25 August 2009

Pengakuan

Sesuai dengan tata krama di sini, saya harus memberitahukan kelulusan ujian master saya kepada Profesor pembimbing. Maka, pagi saya saya menuju ruangan beliau. Alhamdulillah beliau ada di tempat. Menurut jadwal, beliau akan terbang ke hokkaido mengikuti konferensi ilmiah. Minggu-minggu sebelumnya beliau juga disibukkan dengan berbagai agenda ilmiah lain, sehingga untuk bertemu di luar appointment boleh dikatakan sulit.

Info yang saya peroleh hari ini dari pertemuan dengan beliau :

1. Kuliah Master di Jepang dipandang dari siapa prof pembimbingnya, bukan dari label universitasnya. Makanya kening beliau agak berkerut waktu saya menyebutkan nama bakal profesor pembimbing saya. Betul, saya pindah bidang. Makanya beliau sepertinya belum pernah mendengan nama ini.

2. Urusan cari kerja juga tergantung dari Fakultas. Jangan sampai masuk ke fakultas MIPA di Jepang, soalnya sensei tidak akan mau ikut repot mengurusi masalah kerja atau kelanjutan karir pasca kelulusan. ((Well, mungkin hanya di Nagoya University sih. Lagian... jarang ada mahasiswa asing yang masuk MIPA tanpa ikatan dinas sebelumnya negaranya)).

3. Tidak perlu gak enak hati untuk menyatakan kata hati. Be your self. No pretending.

eniwei....... glovebox tempat eksperimen saya sedang tidak bisa dipakai. Jadi pengangguran tiga hari. 

No comments: