Wednesday 16 March 2011

Melebihi Hitungan

Yang tercatat dalam memori saya dalam 4 hari ini setelah gempa dan Tsunami di Jepang...

1. PLTN dibuat tahan gempa sampai magnitude 8.2, Gempa Sanriku terjadi dengan Magnitude 9.0. Radiasi nuklir jadi isu hangat....



2. Tembok anti tsunami dibuat setinggi 10 meter, 2 lapis. Tsunami yang terjadi melewati tembok dan melumatkan isi kota. "menghilangkan orang-oarang yang terlambat mengungsi karena merasa aman denagn keberadaan 2 lapis tempok anti tsunami ini.




3. Listrik mati. Kota-kota gemerlap saat malam menjadi gelap gulita. Kombini yang biasa buka 24 jam, banyak yang tutup. Masih tetap ada toserba yang buka, listrik diambil dari aki mobil untuk kasir saja, orang berbelanja dalam gelap.

Musim dingin, hujan, gelap gulita...




4. Arus orang di supermarket melebihi saat tahun baru. Suplai makanan untuk kawasan Tokyo dan sekitarnya terhambat karena tranportasi yang terputus. Bahan bakar minyak diperkirakan hanya bertahan selama 2 jam. Bensin susah diperoleh... (daerah sekitar gempa gimana yah...)

5. Shinkansen dibuka sebagai hotel gratisan (Di Nagoya dan Yokohama) bagi mereka yang tidak sempat naik kereta terakhir karena Gempa Shizuoka (15 Maret 2011, 22:31)

6. Jepang bersiap untuk Gempa Tokai-Nankai (dengan pusat antara Shizuoka dan Wakayama, Jepang Tenggara), ternyata gempa yang terjadi di kawasan Jepang Timur Laut. Gempa dengan kekuatan yang sama dengan Gempa Aceh, Yogya, Selandia baru, terjadi susul menyusul berkali-kali hanya dalam 4 hari ini!!

Ya Allah....

No comments: