Wednesday 30 April 2008

Penyakit Bulan Mei

Besok akan masuk bulan Mei. Salah satu jargon di Jepang berkenaan dengan bulan ini adalah go gatsu byou, "Penyakit Bulan Lima". Penyakit yang mewabah di bulan Mei ini bukanlah penyakit fisik yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Bukan pula dikarenakan perubahan suhu yang merangkak naik. Jadi? go gatsu byou adalah penyakit mental. Dimaksudkan setelah liburan beruntun yang dikenal dengan golden week, akan muncul gejala malas pergi kerja atau ke kampus, kehilangan nafsu makan, semangat memudar, susah tidur namun enggan bangun di pagi hari.



Banyak referensi yang menuliskan bahwa "Penyakit Bulan Lima" muncul akibat adanya kesenjangan antara idealisme, cita-cita, angan, saat menempuh tahun ajaran baru di bulan April dengan kenyataan yang dialami selama satu bulan pertama. Penyebabnya bisa jadi ketidakmampuan beradaptasi, kekecewaan, dan stress. Saya pun terancam akan mengidap penyakit ini. saya memenuhi persyaratan yang diperlukan. Kampus baru, lingkungan baru, kota baru, orang-orang baru. Masih ditambah dengan segudang rencana dan angan tentang kehidupan di kota ini saat-saat hendak pindahan. Apakah rencana dan angan saya itu mendekati kenyataan? Atau justru terasa sulit untuk diwujudkan? Hehe, bisa jadi jawabnya akan muncul dengan go gatsu byou, saya akan menyandangnya atau tidak.

Saya enggan mengakui, tapi akhir-akhir ini badan terasa lemas dan rasa kantuk lebih sering mampir. Kadang saya melewatkan perjalanan di kereta sambil memejamkan mata karena tak ada tenaga. Weittsss... jangan-jangan saya sudah terjangkit!

No comments: