Wednesday 24 March 2010

Perpanjangan Visa

Untuk perpanjangan visa kali ini saya sudah mempersiapkan dokumen-dokumen tambahan seperti : fotokopi rekening 3 bulan terakhir, surat ijin kerja partime, materai seharga 4000 yen dan foto copy dokumen asli lainnya. Ternyata yang saya perlukan untuk mendapat cap permohonan visa lebih sederhana :

1. Pasport
2. Alien Registration Card (pihak imigrisi di Nagoya berbaik hati memfotokopinya)
3. Original Record and Certificate of Bachelor Eng.
Dokumen ini saya terima sewaktu wisuda, dan saya hanya meneyerahkan fotokopinya saja. Yang asli (terlegalisir) sudah terlanjur diserahkan buat daftar ulang di nagoya University.
4. Certificate of Admission (untuk Master) alias 入学許可書. Surat ini sudah saya peroleh saat lulus ujian Master tahun lalu. Saya memintanya untuk aplikasi besiswa d*kti, yang kemudian saya sadar bahwa nama saya tidak tercantum sebagai staf di universitas manapun di Indonesia. Daripada harus minta surat serupa dalam bahasa Jepang, saya bawa saja surat dalam bahasa Inggris yang sudah lama saya terima. Dann, tarararann~~ Aplikasi permohonan visa saya terproses.

Well, sekarang tinggal menunggu kartu pos berisi panggilan dari kantor Imigrasi.
Semoga urusannya segera beres. ^_^
Alhamdulillah syarat-syarat lain yang menurut seorang kawan mutlak diperlukan untuk melakukan perpanjangan visa, ternyata tidak dibutuhkan. Ini termasuk kemudahan, bukan? ^_^





No comments: