Monday 25 February 2008

H-3 Presentasi

H-3. Latihan presentasi saya yang pertama. Kesalahan saya adalah terlalu cepat puas dengan file power point yang saya selesaikan setelah sholat Jumat, tanpa menimbang lebih jauh. Juga kebiasaan lama : malas menyiapkan teks, karena merasa semua ada dalam kepala. Hasilnya, saya terlalu banyak membicarakan hal menarik tapi kurang penting dengan alur yang sulit dimengerti, ditambah bahasa Jepang yang belepotan sehingga saya melahap waktu 3 menit lebih lama dari jatah. Latihan presentasi kali ini jauh dari baik.

Tapi bukankah hari ini masih kesempatan pertama? Akhirnya saya memangkas bagian yang tak perlu, meringkas kalimat, gambar, skema, dan tabel. Masih ditambah dengan membuat naskah per layar yang akan saya jelaskan untuk mengukur waktu dan kecepatan bicara. Kenapa saya harus merasa gagal dulu agar sedikit rajin yak? Padahal sejak minggu lalu, seorang senior saya sibuk menghafal naskah presentasi sepanjang 3 halaman A4, tapi saya cuek.

Oke lah, malam ini latihan presentasi. Jangan sampai penampilan kedua besok masih parah. Oh, awali dulu dengan bismillah.


No comments: