Thursday, 21 February 2008

S dan M

Entah kenapa dua huruf ini sering diucapkan teman-teman Jepangku. Bukan. Yang dimaksud dua huruf ini bukan ukuran baju saya. Dua huruf ini merupakan singkatan dua sifat yang bertolak belakang namun terkait erat: Sadis dan masohis. Kata sadis tidak perlu saya bahas lebih lanjut karena maknanya terlanjur akrab di telinga kita. Masohis (masochist), saya baru tahu kalau kata ini bisa menjadi lawan kata sadis. Kamus bebas mendefiniskan masochist sebagai berikut :


1. The deriving of sexual gratification, or the tendency to derive sexual gratification, from being physically or emotionally abused.
2. The deriving of pleasure, or the tendency to derive pleasure, from being humiliated or mistreated, either by another or by oneself.
3. A willingness or tendency to subject oneself to unpleasant or trying experiences


Kok bahasa Inggris? Saya sedang malas menerjemahkan sehingga saya comot langsung dari sini. Awalnya saya hanya tahu definisi satu saja, makanya saya agak heran saat dengan entengnya bocah Jepang berbincang seperti ini :

A : "Yahahaha, gak papa lanjutkan saja dia khan M"
B : "Heeee... dia M toh ternyata!!"


Darimana anak-anak ini tahu dia mengalami "kepuasan" dengan dikerjain seperti itu? Pikiran serius plus polos mendominasi cara pandang saya waktu itu. Akibatnya saya tak bisa memahami arti percakapan yang beredar di sekeliling saya. Setelah membaca kamus, saya baru "ngeh" kalau M yang dimaksud adalah arti pada nomor dua : Kecenderungan untuk merasa senang kalau dikerjain/disiksa. Bukan kesenangan mesum seperti dalam bayangan saya.

Tiba-tiba saya teringat komentar seorang kawan di blog saya yang lain.

"Orang Jepang tuh leluconnya kalau gak jorok yah menganiaya orang. Aneh. Makanya ijime (penggencetan) tuh jadi masalah di sini. Mereka menganggap menyiksa orang tuh lucu sih!!!"


Betul, lucu kalau orang yang disiksa itu tipe M. Betapa klopnya kalau orang S ketemu M. Tapi apa benar selalu begitu? Saya sendiri tak yakin. Saya berpikir baik orang S maupun M adalah orang-orang yang berfantasi liar sehingga agak melenceng dari normal. Biarpun begitu, masih adaaa saja yang bertanya sambil memandang mata ini : Kamu S atau M? Saya mah yang sedang-sedang normal saja! S dan M dalam definisi yang mana? Tidak jelas!

1 comment:

perfect said...

Muantap artikelnya, saya kebingungan waktu liat anime kaichou wa maid, thanks ya min...